Senin, 02 April 2012

Perlengkapan Bayi dan Anak | Bagaimana Tips Memilihnya

Perlengkapan Bayi Untuk Tidur| Bagaimana Tips Memilihnya

Perlengkapan bayi dan baju anak- Bayi akan menggunakan sebagian besar waktunya untuk tidur. Tidur bayi yang berkualitas akan sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhannya, bila jam tidur bayi kurang atau terganggu,  biasanya akan menyebabkan bayi anda rewel dan dapat pula menyebabkan kurang maksimalnya pertumbuhan bayi anda. Selain itu dapat menyebabkan  waktu istirahat bagi orang tua juga terganggu.
Agar bayi dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman, perlengkapan bayi untuk tidur  harus dipersiapkan dengan baik salah satunya dengan menyediakan perlengkapan bayi untuk tidur yang meliputi :  kasur,bantal, selimut, box bayi  dan lainnya haruslah memberikan keamanan dan kenyamanan bagi bayi anda.
Menurut studi terakhir di Amerika, perlengkapan bayi untuk tidur yang salah menjadi penyebab tingginya tingkat kematian mendadak bayi di saat tidur atau yang lebih dikenal dengan  (SIDS). Bantal, guling dan selimut bayi menjadi faktor utamanya. Disarankan tidak menggunakan perlengkapan tidur terlalu banyak di sekitar box atau tempat tidur bayi karena dapat menganggu pernafasan bayi hingga bayi kemudian sesak napas karena kekurangan oksigen. Sebaiknya gunakan perlengkapan  bayi  untuk tidur secukupnya dan dengan  bahan yang aman dan lembut.

 

Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebagai panduan sebelum membeli perlengkapan bayi untuk tidur, yaitu :
1.Pilihlah box bayi berdasarkan tingkat keamanannya. Disarankan tidak memilih box bayi dengan pintu bukaan dari bagian samping, karena Box bayi model ini banyak menyebabkan kecelakaan bayi anda terjatuh, yang berujung pada kematian bayi.
2.Pilihlah kasur bayi yang berkualitas baik dalam hal ini tidak terlalu empuk juga tidak terlalu keras, sekaligus yang tahan lama dan tahan air. kasur yang terlalu empuk beresiko SIDS atau sindrom penyebab kematian mendadak pada bayi, sehingga kasur bayi yang lebih kokoh akan baik untuk bayi, serta mengurangi resiko terkena SIDS atau sindrom penyebab kematian mendadak pada bayi. Untuk memastikan, tekan kasur saat Anda membelinya apakah kasur kembali ke bentuk semula dengan cepat.
3.Pilih kelambu dengan panjang melebihi box atau tempat tidur bayi(perlengkapan bayi).Usahakan kelambu selalu tergantung di sisi box atau tempat tidur bayi, caranya dengan menjepit kelambu hal ini untuk menghindari nyamuk masuk ke dalam box bayi Anda.
4.Selimut bayi sebaiknya berbahan katun yang dapat memberi kehangatan tapi tidak terlalu tebal sehingga bayi merasa nyaman.
5.Anda juga dapat menyesuaikan motif atau karakter dan warna sesuai dengan jenis kelamin bayi Anda, apalagi banyak anak yang ‘terikat’ dengan selimutnya hingga berusia cukup besar. Misalnya untuk anak perempuan pilih selimut berwarna pink dengan motif atau karakter hello kitti atau princess, sedangkan untuk anak laki laki berwarna biru dengan karakter spiderman, thomas atau spongebob.
6.Selimut bayi ada beberapa jenis, salah satunya selimut bertopi yang biasanya digunakan saat membawa bayi bepergian atau disebut juga selimut berkantong.
7.Bandingkan harga pada beberapa toko online atau dengan harga di pasar atau mal. Mungkin saja anda bisa menemukan perbedaan harga lumayan jauh bila berbelanja online untuk perlengkapan bayi anda.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar